• Divisi Geriatri Dep. Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM, Jakarta Pusat 10430
  • geriatrilansia@gmail.com

Artikel

Kebutuhan Pengasuh Lansia Kian Besar

Kebutuhan Pengasuh  Lansia Kian Besar

Kebutuhan pengasuh penduduk usia lanjut di Indonesia kian meningkat seiring dengan semakin menuanya struktur penduduk. Namun, sayangnya kebutuhan ini belum terpenuhi sampai sekarang.

Demikian disampaikan Ketua Umum  Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (Pergemi) Prof Siti Setiati ketika berkunjung ke redaksi Kompas di Jakarta, Selasa (23/5).

Sebagaimana ditukil dari Kompas, Penduduk usia lanjut adalah penduduk yang berusia atas 60 tahun. Mayoritas dari mereka termasuk geriatri, yakni penduduk usia  lanjut dengan satu atau lebih penyakit fisik atau psikis karena berbagai hal, seperti faktor lingkungan, ekonomi, psikologi, dan sosial.

Dengan begitu, kebutuhan akan pengasuh usia lanjut meningkat terutama ketika seorang lanjut usia pulang ke rumah setelah berobat di fasilitas kesehatan.

Sayangnya,  pengasuh penduduk lanjut usia yang ada justru lebih suka bekerja di luar negeri seperti Jepang dan Korea Selatan. “Orang Jepang suka dengan pengasuh usia lanjut dari Indonesia karena telaten,” ujar Siti.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar




Testimonial

Facebook

Twitter