• Divisi Geriatri Dep. Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM, Jakarta Pusat 10430
  • geriatrilansia@gmail.com

Artikel

Orang Yang Bertambah Usia, Lebih Berbahagia

Orang Yang Bertambah Usia, Lebih Berbahagia

Orang yang bertambah usia, lebih berbahagia. Kesimpulan ini merupakan hasil studi dari Buffalo University and Northwestern University. Seperti dikutip dari laman CNN, orang yang bertambah usia lebih berbahagia karena mereka cenderung lebih mempercayai. 

Claudia Haase, seorang profesor kebijakan sosial di Northwestern university yang juga merupakan salah satu penulis dalam studi ini mengatakan, bahwa ketika kita berpikir tentang usia tua, kita sering berpikir akan penurunan dan kehilangan. Tapi berdasarkan penelitian yang dilakukannya, tubuh yang bertumbuh menunjukkan ada beberapa hal yang menjadi lebih baik seiring dengan penambahan usia. 

img-1493016712.jpg


Dalam studi pertama, para peneliti mengamati hubungan antara usia dan kepercayaan dalam sebuah sampel hampir 200,000 orang dari 83 negara pada poin-poin yang berbeda dalam 30 tahun terakhir. Studi kedua diikuti oleh lebih dari 1200 warga Amerika dari beberapa kelompok usia (generasi milenial, gen X dan baby boomer).

Level kepercayaan yang meningkat ini menunjukkan adanya perbaikan kesejahteraan dan kebahagiaan. 

"Bisa memberikan kepercayaan membuat orang merasa lebih sejahtera karena rasa percaya pada orang lain membuat kita bisa memperoleh dukungan, kenyamanan, dan kebhagiaan dari hubungan sosial kita." ujar Haase. Haase menambahkan orang yang lebih mempercayai juga lebih bahagia. Lebih lanjut studi ini menunjukkan bahwa orang yang lebih percaya tidak hanya lebih bahagia saja tapi mereka juga mengalami rasa bahagia yang terus meningkat. (del)



Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar




Testimonial

Facebook

Twitter